Event

KARNAVAL PEMBANGUNAN HARI JADI KABUPATEN KLATEN KE-213

on

Pariwisataklaten.com – Panitia HUT RI ke-72 dan Hari Jadi ke-213 Kabupaten Klaten dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI akan menggelar karnaval pembangunan dan karnaval budaya. Untuk karnaval pembangunan diadakan pada Jumat (18/8/2017) dan karnaval budaya digelar Sabtu (19/8) dengan panggung kehormatan untuk kedua karnaval tersebut berada di depan pintu gerbang Gedung Sunan Pandanaran Radio Siaran Publik Daerah (RSPD) Klaten.

Demikian dikatakan Ketua Umum Panitia HUT RI ke-72 dan Hari Jadi ke-213 Kabupaten Klaten, H Sri Winoto didampingi Ketua I H Joko Wiyono SSos MM MH dan AKP Nanik Suryani dari Polres Klaten pada acara rapat koordinasi keamanan karnaval pembangunan dan karnaval budaya Kabupaten Klaten di RM Kakung Sableng Warung Kidul Tegalyoso Klaten, Selasa siang (15/8/2017). Rapat dihadiri jajaran dari Polres Klaten, Kodim 0723 Klaten, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (Orari), Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI), Senkom Mitra Plri, perwakilan peserta karnaval, camat dan dari Bagian Humas dan RSPD Klaten.

Pada kesempatan tersebut, H Sri Winoto mengatakan, karnaval pembangunan dan karnaval budaya lokasinya menggunakan sepanjang Jalan Pemuda Klaten dimulai pukul 13.00 WIB sampai selesai dan panggung kehormatan di depan RSPD Klaten. Untuk menyukseskan acara tersebut maka diberitahukan kepada masyarakat Jalan Pemuda Klaten mulai Masjid Agung Al Aqsha Klaten sampai finih depan Toko Laris Klaten ditutup dan diharapkan dukungannya dari Polres Klaten, Kodim 0723 Klaten, Dinas Perhubungan, Orari, RAPI, Senkom Mitra Polri untuk mengatur lalu lintas selama digelar karnaval.

H Sri Winoto mengtakan, kegiatan karnaval pembangunan dan karnaval budaya hendaknya tidak sekedar menjadi tontonan melihat orang jalan-jalan saja. Namun hendaknya benar-benar menjadi ajang promosi tentang potensi wilayah di Kabupaten Klaten kepada masyarakat, sehingga melalui karnaval pembangunan dan karnaval budaya potensi Klaten benar-benar dapat dikembangkan.

Menurut H Sri Winoto, dalam rangka hari jadi ke-213 Kabupaten Klaten pada 29 Juli 2017 lalu Pemkab Klaten juga menggelar Klaten Lurik Carnival (KLC) III. Semoga antara KLC, karnaval pemangunan dan karnaval budaya ada bedanya dan ke depan diharapkan KLC mampu mengangkat lurik sebagai ikon Klaten, karnaval pembangunan mengangkat potensi wilayah Kabupaten Klaten dari sisi ekonomi dan karnaval budaya khusus mengangkat potensi seni budaya yang dimiliki Kabupaten Klaten sehingga tidak campur aduk.

Sementara itu Ketua I Panitia HUT RI ke-72 dan Hari Jadi ke-213 Kabupaten Klaten, H Joko Wiyono SSos MM MH menjelaskan, karnaval pembangunan akan diikuti sekitar 50 mobil hias dari 26 kontingen kecamatan dan stakeholder di Kabupaten Klaten. Untuk setiap kontingen kecamatan juga didukung mobil hias sebayak 6-12 mobil hias dan diikuti peserta jalan kaki.

Kemudian untuk karnaval budaya, kata H Joko Wiyono, diikuti sebanyak 34 kontingen dan setiap kontingen akan diberikan kesempatan melakukan atraksi sekitar dua menit. Untuk laporan kegiatan karnaval pembangunan kepada Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dilakukan oleh Hj Surti Hartini SH Cn dan laporan karnaval budaya akan disampaikan H Joko Wiyono SSos MM MH.

AKP Nanik Suryani dari Polres Klaten pada rapat tersebut mengatakan, Polres Klaten siap bekerjasama dengan jajaran keamanan lainnya untuk mengamankan dan mengatur lalu lintas selama karnaval pembangunan dan karnaval budaya. AKP Nanik Suryani yang akan naik haji pada 22 Agustus 2017 mengatakan, petugas keamanan karnaval HUT RI ke-72 Kabupaten Klaten masing-masing Polres 100 oran, Satpol PP 40 orang, Dinas Perhubungan 30 orang, Kodim 0723 Klaten 30 orang, gabungan Orari, RAPI dan Senkom Mitra Polri 105 orang sehingga jumlah personil keamanan sekitar 305 orang.

Sumber : HUTKLATEN

About Dinpar Klaten

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten. Kantor. Jl Sulawesi No 37 Sidowayah, Klaten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *