Cagar Budaya

TRADISI PADUSAN SAMBUT RAMADHAN DI OMAC COKRO

on

Pariwisataklaten.com – Tradisi menjelang puasa di bulan Ramadan oleh orang Jawa biasanya tidak sekedar disambut dengan tradisi Sadranan atau ziarah ke makam leluhur saja. Salah satu tradisi yang digandrungi dan selalu dapat ditebak keramaiannya adalah tradisi Padusan.

Di wilayah Klaten terdapat beberapa lokasi yang menjadi favorit bagi warga untuk menjalankan tradisi ini. Salah satu yang paling ramai adalah ritual Padusan di Umbul Ingas atau Umbul Cokro Tulung (OMAC) di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten.

Objek wisata air yang kini telah disulap menjadi objek mata air Cokro (OMAC) itu selalu menjadi tujuan utama bagi warga untuk menjalankan ritual membersihkan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Entah dari mana atau siapa yang mengawali tradisi bersih-bersih ini, namun yang jelas Padusan Cokro Tulung telah menjadi salah satu objek wisata air sekaligus budaya andalan Kabupaten Klaten.

Lalu kapan tradisi Padusan Cokro Tulung digelar?

Tidak susah menemukan jawabannya karena Padusan selalu dilaksankan sehari sebelum puasa hari pertama di bulan Ramadan dijalankan. Tidak hanya di Cokro Tulung saja, di hari itu hampir seluruh lokasi wisata air di Kabupaten Klaten akan selalu dibanjiri ribuan pengunjung. Sebut saja di Umbul Ponggok, Sendang Sinongko, Pemandian Jolotundo, DLL.

Khusus Padusan di Cokro selalu diupacarai oleh Plt. Bupati Klaten dengan prosesi simbolis yaitu “Siraman” memandikan pasangan Mas dan Mbak Klaten 2016. Pasangan tersebut biasanya mengenakan pakaian adat Jawa dan akan dimandikan dengan air kembang.

Hiburan berupa pertunjukan seni dan musik juga tak lupa selalu disiapkan untuk meramaikan tradisi Padusan Cokro Tulung. Meskipun tarif masuk objek wisata ini telah dinaikan seiring dengan dirombaknya menjadi OMAC, namun pengunjung tidak pernah sepi mengunjungi OMAC saat tradisi ini digelar.

Info penting nomer telepon Kantor Kecamatan Tulung, Klaten, 0272 – 337328

About Dinpar Klaten

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten. Kantor. Jl Sulawesi No 37 Sidowayah, Klaten.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *