Wisata Air

Jepang di Pluneng Kebonarum Klaten

on

Pariwisaklaten.com — Beberapa tahun lalu jejaring media sosial diramaikan dengan postingan foto-foto jernihnya selokan atau saluran air di Jepang. Saking jernihnya saluran itu di Jepang itu digunakan untuk memelihara aneka ikan termasuk koi.

Jepang Versi Klaten

Ternyata tak perlu ke Jepang untuk mendapati selokan jernih. Di Klaten tepatnya di RT 001/RW 005, Samberan, Pluneng, Kebonarum, Klaten juga terdapat selokan air bersih dan bening. Selokan jernih itu juga digunakan untuk memelihara aneka jenis ikan.Ada ikan koi, patin, gurami, nila hitam, nila merah. Selokan berpenghuni ikan-ikan berukuran besar itu dibuat oleh Joko Sucipto, 76, pensiunan pegawai salah satu bank swasta di Klaten. Selokan jernih itu ada di depan rumahnya.

Selokan Cantik Ala Jepang
Warga Klaten Sulap Selokan Menjadi Rumah Ikan Koi

Usahanya menyulap selokan di Pluneng agar tetap jernih dan menarik dipandang itu membuahkan hasil dalam dua hingga tahun terakhir. Berawal dari getok tular warga, kali di depan rumahnya yang disulap layaknya sungai di negara maju itu mampu menyedot perhatian warga di Kebonarum dan sekitarnya.Hampir setiap hari, kali di depan rumahnya selalu kedatangan “tamu tak diundang”. Para pegunjung itu sekadar melihat kejernihan air dan “lenggak-lenggok” berbagai ikan berukuran besar yang ada di kali di depan rumah Joko. Agar saluran air depan rumahnya tetap bersih dan jernih, Joko selalu membersihkan sampah setiap waktu, baik sampah organik atau pun nonorganik.

Obyek Wisata
Kompleks Pemandian Umbul Pluneng Kebonarum Klaten

Lokasi
Desa Pluneng, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten

By Ponco Suseno

Sumber : PlunengKlaten

About Dinpar Klaten

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten. Kantor. Jl Sulawesi No 37 Sidowayah, Klaten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *