News

KLATEN WAKILI INDONESIA PENTAS LURIK DI SINGAPURA

on

Klaten – Pemerintah Kabupaten Klaten ditunjuk oleh pemerintah pusat untuk mewakili Indonesia dalam festival budaya internasional di Singapura pada 10-12 Februari 2017. Kontingen Klaten yang berjumlah 60 personil  untuk berangkat ke Singapura  dilepas oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Klaten Hj Sri Mulyani di Halaman Pendopo Pemkab Klaten, Minggu sore (5/2/2017).

Plt  Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, kontingen lurik yang dikirim ke festival budaya internasional di Singapura merupakan peserta Klaten Lurik Carnival(KLC) dari Kecamatan Pedan yang diadakan Pemkab Klaten tahun 2016 lalu. Ditunjuknya Pemkab Klaten mewakiliIndonesia sebagai kontingen utama pada festival budaya internasional di Singapura merupakan kebanggaan  untuk seluruh masyarakat Klaten.

Menurut Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, dalam kegiatan tahunan  festival budaya Singapura yang bertajuk  Chingay Parade Singapura 2017, Klaten diberi kepercayaan oleh Pemerintah Indonesia untuk menampilkankesenian dengan mengangkat potensi Lurik. Bahkan, Klaten merupakan kontingen utama dalam parade budaya internasional tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten, H Joko Wiyono mengatakan, tema dalam penampilan tim lurik dari Klaten ini adalah The Colour Full Of Lurik. Dalam parade itu kontingen Klaten yang berjumlah 60 personil akan bergabung dalam tim Indonesia yang semuanya berjumlah  300 peserta.

H Joko Wiyono menambahkan, kontingen Klaten mengenakan kostum dengan corak Lurik dan juga  membawakan tarian Jaran Kepang. Pada pagelaran festival budaya internasional tersebut kontingen Pemkab Klaten  juga didukung perwakilan Kabupaten Boyolali.

Setelah dilepas oleh Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani pada Minggu sore (5/2/2017) di Halaman Pendopo Pemkab Klaten, selanjutnya Kontingen dari Klaten  berangkat ke Singapura, pada Rabu pagi (8/2/2017).  Dengan keikutsertaan kontingen lurik Kabupaten Klaten di Singapura diharapkan kain Lurik khas Klaten bisa go internasional sama seperti batik.

Untuk mendukung keikutsertaan Klaten ke festival budaya di Singapura maka Pemkab Klaten mengalokasikan anggaran Rp 400 juta pada APBD 2017. Dipilihnya Kecamatan Pedan sebagai Duta Lurik Klaten di Singapura setelah meraih juara I dalam ajang KLC pada  Agustus 2016.

About Dinpar Klaten

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten. Kantor. Jl Sulawesi No 37 Sidowayah, Klaten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *