News

Hadirilah Tradisi Padusan di OMAC Pada Minggu 5 Juni 2016

on

KLATEN – Tradisi menjelang puasa di bulan Ramadan oleh orang Jawa biasanya tidak sekedar disambut dengan tradisi Sadranan atau ziarah ke makam leluhur saja. Salah satu tradisi jelang ramadhan yang sudah menjadi agenda rutin di Klaten yakni tradisi Padusan.

Pemerintah Kabupaten Klaten tahun ini siap menggelar tradisi padusan menjelang bulan Ramadan dengan menyiapakan 4 umbul yakni, Obyek Wisata Mata Air Cokro (OMAC), umbul Ponggok, umbul Pluneng dan umbul  Jalatunda sebagai tempat padusan.

Lalu kapan puncak tradisi Padusan tahun 2016 ini akan digelar?

Prediksi dari puncak tradisi padusan diperkirakan  jatuh pada hari Minggu 5 Juni 2016 mendatang. Tidak susah menemukan jawabannya karena Padusan selalu dilaksankan sehari sebelum puasa hari pertama di bulan Ramadan dijalankan. Tidak hanya di Cokro Tulung saja, di hari itu hampir seluruh lokasi wisata air di Kabupaten Klaten akan selalu dibanjiri ribuan pengunjung. Sebut saja di Umbul Ponggok, Sendang Sinongko, Pemandian Jolotudo, dll.

Kepala Disbudparpora Klaten, Joko Wiyono mengatakan,  pendapatan OMAC ditarget  mencapai 57 juta rupiah yang berasal dari retribusi tiket masuk Rp 5.000,-/orang yang digelar selama dua hari tanggal 4 hingga 5 Juni mendatang.

Pada puncak acara padusan tahun ini, akan diadakan pada hari Minggu (5-Juni-2016), pukul 08.30 pagi di Obyek Mata Air Cokro. Nantinya akan dibuka oleh Bupati Klaten beserta jajarannya dengan prosesi simbolis yaitu memandikan pasangan Mas dan Mbak Klaten. Pasangan tersebut biasanya mengenakan pakaian adat Jawa dan akan dimandikan dengan air kembang.

Hiburan berupa pertunjukan seni dan musik juga tak lupa selalu disiapkan untuk meramaikan tradisi Padusan Cokro Tulung. Meskipun tarif masuk objek wisata ini telah dinaikan seiring dengan dirombaknya menjadi OMAC, namun pengunjung tidak pernah sepi mengunjungi OMAC saat tradisi ini digelar.

About triyan91

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *