Destinasi

Menguji Adrenalin Dengan Olahraga Riverboarding di Sungai Pusur, Polanharjo, Klaten

on

PariwisataKlaten.com – Wisata Riverboarding (berselancar disungai yang memiliki arus deras dengan menggunakan papan selancar) mungkin lebih dikenal di wilayah Jawa Timur dan Jawa Barat. Namun kini di Kabupaten Klaten ternyata sudah terdapat wisata Riverboarding, tepatnya di Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, Klaten.

Salah satu wisatawan alam Juliyan Beatrik (21), asal Jogja, mengaku baru pertama kali ini mengetahui dan mencoba wisata alam sekaligus olahraga tersebut. Bahkan dirinya yang tidak suka berenang ternyata mengaku sangat menikmati wisata di Kali Pusur tersebut.

“Saya baru tahu kalau ada riverboarding di Klaten dari teman saya. Saya sebenarnya tidak bisa berenang. Namun asik sekali tadi riverboardingnya. Ingin mencoba lagi di lain waktu,” ucapnya, saat istirahat di rest area, di Klaten.

Gadis yang menyukai tantangan tersebut mengaku sangat suka ketika berada di aliran sungai yang deras dan banyak batunya. Pasalnya, saat riverboarding dia dapat merasakan keseruan di atas papan riverboarding yang dinaikinya. “Seru saat bisa melenggak-lenggok terbawa arus air yang deras,” jelasnya.

Wisata Riverboarding tersebut bermula dari hobi dari salah satu komunitas pecinta alam di Kabupaten Klaten yang bernama, Pasmaja. Namun, karena tingginya antusias warga yang ingin mencobanya, kemudian berlanjut menjadi wisata yang dikomersialkan. Meskipun baru dimulai 2012 lalu, namun berbagai wisatawan dari luar Klaten seperti Jogja dan Solo sudah banyak yang mencobanya.

Tridoyo Suryo Saputro, salah satu pengurus dari wisata riverboarding tersebut, mengatakan bahwa medan riverboarding di Kali Pusur tersebut sangat tepat diperuntukkan bagi yang masih pemula. Karena, sungai Pusur memiliki kedalaman dan tingkat kesulitan medan yang berbatu yang tidak membahayakan bagi wisatawan yang baru pertama kali mencobanya.

About triyan91

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *